Penanganan alat elektonik akibat banjir

awal tahun 2020

Memasuki awal tahun 2020 hampir seluruh warga Jabodetabek di kejutkan oleh datang nya banjir besar akibat curah hujan tinggi dan luapan air hujan kiriman dari kawasan yang lebih tinggi seperti Bogor dan sekitar nya.

Hujan besar yang mengguyur Ibukota dan daerah sekitarnya  pada malam pergantian tahun 2020 memberikan dampak yang mengakibatkan beberapa tempat di Jakarta dan sekitar nya tergenang air.

Peralatan elektronik untuk rumah tangga tak luput dari terjangan air  seperti  pendingin ruangan atau AC, Kipas angin, kulkas, Kompor gas, Pompa air, Mesin cuci, Komputer, Laptop, dan sejenis nya banyak yang terendam air dan tentunya dapat menyebabkan potensi rusak nya alat tersebut.

Untuk itu perlu dilakukan penangan khusus untuk barang 2 elektronik yang terendam air. dari Berikut ini adalah salah satu cara memberikan penanganan awal  terhadap peralatan elektronik rumah tangga yang terendam

1.AC ( Air Conditioner)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah lepaskan saklar yang menghubungkan sumberlistrik terlebih dahulu agar aman.

Bersihkan debu2  atau kotoran yang menempel di cover AC atau di dalam kisi kisi AC dengan memakai kuas atau sikat gigi.

Lap dengan kain yang di basahi secara pelan pelan, dan pastikan bahwa unit elektronik yang ada di Indoor betul betul  kering.

Untuk membersihakan outdoor unit atau mesin AC Anda perlu membuka cover out door tersebut. Bersihkan secara perlahan mulai dari kisi2 bagian belakang , kipas, pastikan pula seluruh instalasi kelistrikan dalam unit kering.

Setelah semua nya dipastikan sudah bersih dan aman, pasang kembali cover outdoor tesebut.

Tunggulah 2 jam atau lebih untuk menyalakan AC, semakin lama semakin baik. Untuk menghidupkannya pertama kali, posisikan remote ke posisi FAN jangan ke posisi COOL, DRY, atau AUTO. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan air yang masih tersisa di dalamnya, 10 menit kemudian barulah AC bisa diubah ke posisi yang diinginkan.

2. Kulkas

Jika kulkas Anda terendam banjir hanya pada bagian kaki-kaki kulkas, Anda bisa memeriksa sistem pendingin kompresor di bagian bawah dan belakang kulkas.

Anda harus memastikan bahwa sistem tersebut tersegel dalam kondisi yang baik. Disarankan memeriksa semua kontrol listrik termasuk termostat, kunci pengaman hingga penghitung waktu pencairan es.

Namun, apabila kulkas Ada terendam air seluruhnya, Anda berpotensi perlu mengganti kulkas. Sebab insulasi bisa basah apabila kulkas tenggelam dalam air. Insulasi ini juga sulit dibenarkan tanpa merusak rak-rak di kulkas.

Insulasi juga akan mengering dengan lambat karena dinding di kulkas dingin saat alat menyala. Pemanas Mullion di beberapa kulkas untuk menghilangkan kondensasi juga menjadi masalah tambahan karena bisa menyebabkan sengatan listrik.

Leave a Reply