Jenis Freon Yang Paling Banyak digunakan Saat Ini

Jenis Freon yang Paling Banyak Digunakan Saat ini dan uptodate

Salah satu bagian terpenting dari mesin pendingin adalah Freon AC, tanpa adanya freon, udara yang dihasilkan tidak akan sejuk.

ada berbagai jenis freon yang paling banyak digunakan saat ini, diantaranya adalah freon type R290, R22, R32, R410A.

Jenis Freon R22

Untuk freon dengan tipe R22 sudah tidak bisa lagi di import produknya karena tidak sesuai dengan ketentuan BPO.

Meskipun begitu bukan berarti freon R22 dilarang digunakan di Indonesia, freon R22 masih bisa dgunakan di Indonesia hingga tahun 2030. setelah itu freon R22 benar-benar akan dihapus. Jenis freon R22 dapat digunakan disemua jenis AC yang tidak menggunakan teknologi inverter.

Freon R-410A
Jenis freon ini bisa kita sebut juga sebagai junior dari freon R22, karena produsen berkeinginan membuat satu set pendingin yang ramah lingkungan dari freon R22 yang disebut juga dengan HFC (Hydro Fluro Carbons) nah jenis HFC yang biasa digunakan AC terbaik ini adalah R-410A,

Kelebihan freon ini memiliki kemampuan menghilangkan klorin yang ada pada refrigerant sehingga lebih ramah lingkungan dan tidak merusak lapisan ozon. namun pada kenyataannya freon R-410A ini ternyata masih berpotensi global warming.

Jenis Freon R32
Jenis freon R32 ditemukan oleh Daikin di jepang pada tahun 2012, namun baru digunakan untuk AC setahun kemudiannya. semua ac yang menggunakan jenis freon R32 harus mendapatkan lisensi dari Daikin.

Keunggulan yang dimiliki Freon R32 adalah lebih Sejuk dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan Freon R410A dan R22. namun freon jenis ini potensi mudah terbakarnya lebih tinggi dibanding freon lainnya, meskipun begitu anda tak perlu khawatir AC dengan freon R32 meledak, andai kata rumah kebakaran itu tidak akan membuat AC anda meledak

Freon R290
Jenis freon yang satu ini memang cukup bagus tapi banyak perusahaan yang tidak menggunakannya, kenapa ?

Freon R290 ini potensi pemanasan globalnya yang paling rendah sehingga bagus untuk lingkungan dibandingkan dengan jenis yang lainnya, namun sayang freon dengan jenis ini tidak terlalu memberikan efek dingin dan mudah terbakar, itulah yang menyebabkan perusahaan AC tidak menggunakan jenis freon ini.

Leave a Reply